Senin, 24 Mei 2010


Berbagai macam cara dilakukan untuk melestarikan kesenian tradisional kepada anak - anak sejak dini, seperti di Kota Bogor, Jawa Barat, sejumlah anak mempelajari alat - alat kesenian khas Sunda Beginilah suasana saat beberapa anak di Kota Bogor, memainkan alat musik tradisional Sunda khas Bogor. Dengan seksama mereka terus memperhatikan instruksi yang diberikan oleh pengajar. Selama 3 bulan ini mereka belajar memainkan alat musik yang terbuat dari bambu, seperti lodong, kecapi, kencrong - kencreng, gambang katu dan jengglong.

Saat awal mempelajarinya mereka mengaku kesulitan dalam memainkannya. Tidak banyak anak sebaya mereka yang bisa memainkan sejumlah alat musik yang saat ini langka ditemukan. Selain butuh kesabaran, alat tradisional tersebut harus dipelajari dengan penuh ketekunan.

Ade Suwarsa salah satu pengajar musik tradisional ini mengaku bangga kepada sejumlah anak yang mau belajar alat musik secara dini. Menurutnya kegiatan tersebut bisa melestarikan kebudayaan khas dalam negeri yang saat ini sudah terdegradasi dengan alat musik modern.

Diharapkan dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah anak tersebut, bisa membuat alat musik tradisional bisa terus dimainkan oleh generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar